Masjid Lain Sekitaran Masjid Nabawi

Masjid Lain Sekitaran Masjid Nabawi – Bila kita pergi umroh atau pergi umroh plus Turki, pasti akan menjalankan berjenis-jenis ritual di Mekkah dan mengunjungi sebagian daerah di Madinah. Dua mesjid utama yang menjadi tujuan kita ke tanah suci yaitu Masjidil Haram dan Mesjid Nabawi. Bagi yang pernah mengunjungi rumah Allah, pasti akan timbul rasa rindu untuk pergi umroh dan mulai mencari paket-paket umroh cocok keperluan. Tetapi, apakah kau tau bahwa walau telah ada Mesjid Nabawi yang besar di Madinah, terbukti masih ada banyak mesjid yang berada dekat dengan Mesjid Nabawi.

Sebagian mesjid ini terbukti mempunyai sejarah masing-masing dan diantaranya masih diterapkan untuk menjalankan shalat di dalamnya. Kami akan rangkum sebagian mesjid terdekat dari Mesjid Nabawi yang masih dapat dijangkau menerapkan jalan kaki saja.

Pasti kau ketahui dengan Imam Bukhari yang hadist nya digunakan sebagai acuan. Pada zamannya dulu, Imam Besar Bukhari mengumpulkan hadist-hadist Rasulullah Shalallahu alaihi salam di rumahnya yang kemudian diwujudkan mesjid. Mesjid Imam Bukhari ini dapat dijangkau oleh jemaah dengan berjalan kaki dari Pintu 26 lalu lurus ke arah Al Haram Hotel, ke kanan, kemudian ke kiri dan tak jauh akan memandang Mesjid Imam Bukhari. Mesjid ini ialah mesjid yang berada dekat dengan Mesjid Nabawi dan masih diterapkan untuk menjalankan ibadah shalat. Tak cuma mempunyai wujud bangunan yang apik, tetapi juga jadi daerah yang sejuk dan nyaman bagi para jemaah yang singgah.

Penyelidikan berikutnya dapat kau lakukan dikala waktu lowong merupakan ke Mesjid Ali bin Abi Thalib yang tak jauh dari Mesjid Nabawi. Kau dapat jalan tak jauh dari pintu nomor 7 Mesjid Nabawi. Singkat cerita, dulu Rasulullah pernah menjalankan shalat Ied berjamaah di mesjid ini. Kini, mesjid ini telah tak difungsikan lagi sebagai mesjid untuk shalat, namun telah diwujudkan sebagai monumen saja.

Ghamamah dalam bahasa Indonesia berarti mendung. Mesjid ini dinamakan mendung sebab dulu Rasulullah pernah shalat Ied di zona ini, dan selama shalat Ied berlangsung, ada awan mendung yang senantiasa berada di atas zona mesjid ini. Subhanaallah… Ketika kau pergi umroh menerapkan berjenis-jenis biro perjalanan tergabung yang terpercaya, kau dapat mampir ke Mesjid Ghamamah ini dengan jalan kaki saja dari Mesjid Nabawi keluar ke arah kiblat kemudian jalan lurus dan akan memandang alun-alun. Lokasi mesjid ini tak jauh dari alun-alun hal yang demikian. Namun sayangnya, masih ditemukan sebagian orang yang menjalankan shalat di Mesjid Ghamamah dan menghadap ke mesjid hal yang demikian, bukannya menghadap ke arah kakbah. Jangan diikuti ya sahabat-sahabat.

Mesjid terakhir yang terdekat dan dapat dijangkau dengan jalan kaki dari Mesjid Nabawi yaitu Mesjid Abu Bakar. Mesjid ini memang berukuran tak terlalu besar namun formatnya cukup menarik. Sama seperti mesjid lainnya, Rasulullah dulu kala juga pernah menjalankan shalat Ied di mesjid ini dan kini menjadi monumen saja. Sebetulnya masih ada banyak mesjid lainnya yang ada di sekitar Mesjid Nabawi, tetapi jaraknya agak jauh jikalau dijangkau dengan jalan kaki. Mesjid sekitar Mesjid Nabawi ada banyak, yang tenar merupakan Mesjid Jum’ah, Mesjid Bilal, yang tak terlalu jauh namun cukup jauh jikalau dijangkau dengan berjalan kaki dari Mesjid Nabawi.

Tinggalkan Balasan